Blog

Thin Client, Solusi Kebutuhan Komputer UNBK

Thin Client adalah sebuah bentuk pusat jaringan komputer, jadi ketika anda melakukan software atau membuka software pada komputer client itu sama saja seperti membuka software pada komputer server yang ada pada thin client. Thin Client juga memiliki nama lain yang biasa di sebut Zero Client atau PC Station, sebenarnya nama – nama itu sama saja.

IJOTECH Thin Client

Komputer client tidak berupa atau tidak memakai pc seperti komputer lainnya, komputer client hanya monitor, mouse, dan keyboard (tidak lebih).

Dari komputer server, komputer client hanyalah seperti sebuah users yang tidak memiliki hak akses secara luas, dan komputer client akan selalu bisa di awasi oleh komputer server, contohnya ketika anda sedang melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), semua komputer siswa tidak memiliki hak akses membuka software lain kecuali meng akses software ujian dan setiap komputer siswa tentu saja akan di awasi oleh guru pengawas.

Keuntungan menggunakan Thin Client

  1. Keuntungan pertama dari menggunakan Thin Client adalah Client yang tersambung oleh server hanya bisa menggunakan software yang ada pada komputer server, jadi kita hanya mengelola software yang berada di server.
  2. Keuntungan kedua yang di dapat dari penggunaan Thin Client adalah penghematan uang. Thin client bisa di gunakan atau di terapkan pada perusahaan yang ingin menghemat biaya pengeluaran untuk fasilitas komputer karyawan, Kok bisa gitu? Alasannya kenapa? Seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi, dikarenakan komputer client atau komputer yang akan digunakan karyawan tidak membutuhkan CPU, Hard disk, dan lain – lain. Komputer karyawan hanya membutuhkan sebuah mouse, keyboard, dan monitor.

Thin Client ini tentunya tidak men intall system operasi atau software dari server tetapi dijalankan secara lokal. Untuk komputer client sendiri juga bisa digunakan secara bersamaan atau juga bias diartikan digunakan dalam satu waktu. Jaringan internet yang digunakan komputer client tidak akan di bagi – bagi, Maksudnya bagaimana? Maksudnya contoh jika internet yang di terima oleh komputer server yaitu 2 Mbs, dan komputer client yang akan di gunakan ada 2 komputer client maka internet 2 Mbs itu tidak di bagi menjadi 1 komputer client memiliki 1 Mbs internet dan yang satunya 1 Mbs internet, bukan seperti itu. Tetapi komputer client masing – masing memiliki jaringan internet yang sama seperti komputer server yaitu 2 Mbs.

Perlun di ingat disaat menggunakan Thin Client yang bisa ditampung oleh komputer server hanya 30 user atau 30 komputer client, Thin Client hanya mengonsumsi daya yang sangat rendah, hanya mengonsumsi 5 watt.

Thin Client ini cocok digunakan atau cocok diterapkan pada perusahaan, warnet, Lab. Komputer dan lain- lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat dengan CS Kami