Blog

Pentingnya Menggunakan Thin Client

Di era saat ini teknologi menjadi barang yang sangat berguna, perangkat berbasis IT menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk membantu kita dalam mengerjakan pekerjaan kita sehari-hari. Apa lagi sekarang orang-orang di dunia ini sedang berpacu-pacuan untuk bisa menghasilkan sebuah temuan baru yang hebat.

IJOTECH Thin Client

Thin client merupakan salah satu jaringan computer pusat. Contohnya bayangkan aja jika kita berada di sebuah ruangan yang penuh dengan computer, misalnya seperti laboratorium computer. Seluruh computer di dalam ruangan itu terhubung dengan jaringan, Dan di bagian terdepan terdapat sebuah computer PC lengkap yang bertugas sebagai server. Sedangkan sisanya adalah computer client.

Komputer client tersebut hanya berupa monitor, keyboard, dan mouse saja, sedangkan komponen yang lain seperti CPU, harddisk, RAM, dan komponen-komponen lainnya berada di server. Jadi ketika kita menjalankan software di computer client, itu sama saja kita menjalankan software yang berada di server.

Dari sisi server sendiri, computer-komputer client tersebut adalah layaknya “user” yang ada pada system operasi. Bedanya semua user tersebut aktif dalam satu waktu ketika seluruh computer client digunakan.

Mengapa Menggunakan Thin client ?

Tentunya ada beberapa alasan mengapa kita menggunakan thin client. Berikut ini adalah alasannya :

-Keuntungan pertama

Apa aja sih yang bisa kita dapatkan dari menggunak thin client ini ? yaitu kita hanya perlu melakukan pengelolaan terhadap aplikasi yang lokasinya hanya ada di server. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, didalam jaringan computer dengan jenis thin client ini hanya ada satu computer yang di install software, yaitu server sehingga perawatannya dapat lebih simpel pula . Client secara otomatis dapat menggunakan aplikasi yang telah di install di server tersebut

-Keuntungan yang ke dua

Dari diterapkannya thin client keuntungannya yaitu kantor,sekolah, ataupun perusahaan yang menggunakan thin client ini dapat meminimalkan biaya infrastruktur computer. Sebanyak apapun komputer yang berperan sebagai pihak client, pihak komputer client hanya membutuhkan monitor,mouse,keyboard dan alat untuk menghubungkan antara server dan client. Yang artinya tidak ada biaya CPU, RAM, harddisk, dari client tersebut. Intinya kita tidak akan mengeluarkan biaya untuk CPU, RAM, Harddis dari client-client tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat dengan CS Kami